Glitter Text Generator at TextSpace.net

Rabu, 31 Maret 2010

Senyum Bunda Begitu berharga

Senyum ibu bisa membuat kita lupa jika kita sedang sakit, membuat pikiran kita tenang saat usaha kita bangkrut, membuat hati menjadi sejuk saat istri kita mendurhakai kita, membuat kita merasa punya teman terbaik saat semua teman meninggalkan kita. Pokoknya dengan satu senyuman yang terkembang dari bibir ibu kita, sudah cukup membuat kita punya alasan untuk menjadi orang baik. Kenapa? Karena saya ingin tetap melihat senyum itu terus terkembang dan saya sangat tidak ingin senyuman itu hilang. Senyum yang manis itu hanya akan tetap ada jika kita bisa menjadi anak-anak yang baik buat ibu kita. Dan akan menghilang saat satu keburukan kita kerjakan, apalagi jika keburukan itu berulang kali kita lakukan di depan ibu.

Jika senyum itu hilang, berarti saya telah kehilangan satu motivasi sukses saya dan yang terberat bagi saya adalah saya telah menyakiti ibu saya. Dan karena saya mencintai ibu saya dengan begitu besar, saya pun mencintainya senyumannya...

Lantas bagaimana cara mengembalikan senyum ibu yang hilang itu?
1.Pada dasarnya, menurut saya, hilangnya senyum itu disebabkan karena marahnya sang ibu pada kita. Jadi, jangan buat ibu Anda marah, usahakan semaksimal mungkin. Meskipun banyak pula sebab-sebab yang lain, seperti sakit, terbelit hutang, banyak masalah dengan orang lain atau bisnisnya, dan lain sebagainya.
2.Jadilah pribadi yang baik bagi ibu Anda dengan menjaga akhlak Anda di depannya.
3.Cobalah untuk mengerti ibu Anda dengan teliti; apa yang beliau sukai dan apa yang tidak beliau sukai. Usahakan untuk melakukan atau memberikan apa yang ibu Anda sukai, selama kesukaan ibu itu tidak melanggar aturan Allah. Sebaliknya, jangan buat sebuah tingkah yang tidak disukai oleh ibu Anda.
4.Bercandalah dengan ibu Anda dengan santai, buat humor-humor segar yang tetap menjaga adab-adab berbicara pada orang tua.
5.Jika ibu Anda sudah terlanjur kehilangan senyum, cobalah Anda selidiki penyebabnya. Lalu hilangkanlah penyebabnya itu. Jika penyebabnya adalah prestasi sekolah Anda sangat buruk, perbaiki prestasi Anda. Jika ibu Anda sakit, cobalah hibur dengan pijatan Anda, layani keperluan beliau dengan baik, hibur pula dengan lantunan bacaan Al-Quran Anda. Intinya, identifikasi penyebabnya, dan segera carikan solusinya. Jika Anda sulit menemukannya, tanyakan kepada ibu Anda, ada masalah apa? Kok ibu murung, tidak ceria dan riang seperti biasanya?
6.Komunikasikan permasalahan di antara Anda dan ibu Anda dengan baik. Anda jangan mau menang sendiri dan memaksa ibu Anda. Bicarakan secara baik-baik dari hati seorang anak dengan sang ibu. Cobalah untuk memahami ibu Anda, tapi jika memang ibu Anda yang salah, cobalah untuk meluruskannya dengan baik dan sabar. Jangan paksakan kebenaran itu secara kasar, meski kepada ibu yang sangat Anda cintai. Ingat, kebanyakan ibu menolak kebenaran bukan karena tidak mau menerimanya, tapi lebih dikarenakan sikap anaknya yang salah dalam menjelaskan kebenaran itu.
7.Berdoalah kepada Allah agar senyum itu kembali seperti sedia kala dan agar senyum itu tetap menjadi hal spesial setiap hari dalam hidup Anda.

Inilah sepenggal kisah dari hidup saya yang bisa saya bagikan kepada Anda semua, yang memberikan kita satu pelajaran penting bahwa kita harus menjaga Senyum Ibunda yang Begitu Berharga. Dan saya yakin, di luar sana masih ada orang lain yang jauh lebih punya hikmah daripada saya. Oleh karena itu, jika Anda punya masalah yang sama dan berhasil menyelesaikannya, jangan sungkan untuk berbagi solusi di sini. Karena orang kaya adalah orang yang suka memberi, meski hanya sebuah kalimat motivasi dan nasehat kebaikan. Meskipun hanya senyum tulus yang ia berikan saat bertemu dengan saudaranya.

1 komentar: